Inovasi Pembelajaran PAI Berbasis Information and Communication Technology (ICT) pada Siswa Kelas II di SDIT Bina Bangsa

Penulis

  • Euis Ismayati Yuniar Universitas Primagraha
  • Ahmad Wahyudin Universitas Primagraha
  • Taufik Imron Universitas Primagraha
  • Nurusshofi Hamalatil Jannah Universitas Primagraha
  • Siti Mulya Universitas Primagraha

DOI:

https://doi.org/10.61664/jedlish.v4i1.162

Kata Kunci:

Inovasi, Pembelajaran PAI, Berbasis ICT

Abstrak

Tujuan penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan kreativitas pendidik dengan menggunakan  media berbasis information and communication technology (ICT) dalam pembelajaran PAI Pada Siswa Kelas II Di SD IT Bina Bangsa . Dalam metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yakni menganalisis sebuah problem dengan mengumupulkan data melalui wawancara, observasi partisipatif dan dokumentasi. Sedangkan teknik yang digunakan untuk menganalisis data dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif kualitatif. Untuk analisis data dilakukan dengan cara mengumpulkan dan menelaah data yang sudah ada, lalu melakukan reduksi data, penyajian data, dan menyajikan data dalam bentuk kesimpulan. Adapun tahapan akhir dari analisis data ini ialah keabsahan data dengan menggunakan teknik kredibilitas (kepercayaan) yaitu keikutsertaan peneliti, triangulasi, dan referensi, pemeriksaan keteralihan, dan pemeriksaan ketergantungan. Dari hasil penelitian yang telah dilaksanakan, dapat di ambil simpulan bahwa dalam melaksanaan pembelajaran PAI berbasis ICT Pada Siswa Kelas II Di SD IT Bina Bangsa sebagai berikut : pertama, memberikan fleksibilitas bagi guru dan siswa dalam merancang dan menjalankan proses pembelajaran. Kedua, Inovasi ini mencakup penggunaan media teknologi digital dan sumber belajar yang variatif. Ketiga, perlu adanya pelatihan lebih lanjut agar para pendidik mampu mendidik dengan cakap dalam menggunakan  media berbasis information and communication technology (ICT).

Unduhan

Diterbitkan

2024-06-25

Terbitan

Bagian

Religious Studies