Inovasi Pembelajaran PAI Berbasis Information and Communication Technology (ICT) pada Siswa Kelas II di SDIT Bina Bangsa
DOI:
https://doi.org/10.61664/jedlish.v4i1.162Kata Kunci:
Inovasi, Pembelajaran PAI, Berbasis ICTAbstrak
Tujuan penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan kreativitas pendidik dengan menggunakan media berbasis information and communication technology (ICT) dalam pembelajaran PAI Pada Siswa Kelas II Di SD IT Bina Bangsa . Dalam metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yakni menganalisis sebuah problem dengan mengumupulkan data melalui wawancara, observasi partisipatif dan dokumentasi. Sedangkan teknik yang digunakan untuk menganalisis data dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif kualitatif. Untuk analisis data dilakukan dengan cara mengumpulkan dan menelaah data yang sudah ada, lalu melakukan reduksi data, penyajian data, dan menyajikan data dalam bentuk kesimpulan. Adapun tahapan akhir dari analisis data ini ialah keabsahan data dengan menggunakan teknik kredibilitas (kepercayaan) yaitu keikutsertaan peneliti, triangulasi, dan referensi, pemeriksaan keteralihan, dan pemeriksaan ketergantungan. Dari hasil penelitian yang telah dilaksanakan, dapat di ambil simpulan bahwa dalam melaksanaan pembelajaran PAI berbasis ICT Pada Siswa Kelas II Di SD IT Bina Bangsa sebagai berikut : pertama, memberikan fleksibilitas bagi guru dan siswa dalam merancang dan menjalankan proses pembelajaran. Kedua, Inovasi ini mencakup penggunaan media teknologi digital dan sumber belajar yang variatif. Ketiga, perlu adanya pelatihan lebih lanjut agar para pendidik mampu mendidik dengan cakap dalam menggunakan media berbasis information and communication technology (ICT).

Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Euis Ismayati Yuniar, Ahmad Wahyudin, Taufik Imron, Nurusshofi Hamalatil Jannah, Siti Mulya

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.