Persepsi Mahasiswa Tentang Cyberbullying di Era Digital

Penulis

  • Sahrul Rusliawan UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon
  • Fathia Marlintang Ghifarina
  • Bunga Srikandi
  • Wisnu Hatami

DOI:

https://doi.org/10.61664/jedlish.v4i2.171

Kata Kunci:

cyberbullying, mahasiswa, digital

Abstrak

Revolusi industri 4.0 dengan berbagai macam produk teknologi informasi yang dihasilkan mampu merubah paradigma dan gaya hidup seseorang dalam beraktivitas. Ketersediaan informasi melalui internet dengan mudah dapat dimanfaatkan serta disebarluaskan secara cepat oleh para pengguna internet di penjuru dunia tanpa melihat batas jarak dan waktu pemakainya. Interaksi didalamnya sangat aktif, dengan berbagai kepentingan dan aktivitas yang dilakukan sehingga tidak mudah memberikan kontrol dari masing-masing pengguna layanan internet. Perilaku yang demikian membentuk interaksi di internet antara satu dengan yang lain untuk bertukar gagasan tanpa harus bertemu, atau dapat dimaknai dengan sharing information. Kemajuan teknologi yang ada hingga melahirkan berbagai macam bentuk sosial media seperti, facebook, instagram dan twitter. Dalam perkembanganya sosial media sebagai salah satu, media sharing information turut berkontribusi banyak dalam merubah perilaku para pengguna internet dalam melakukan komunikasi interaksi sosial. Cyberbullying di era digital merupakan bentuk perilaku intimidasi, ancaman dan berbagai bentuk perundungan lainnya yang dilakukan melalui teknologi digital. Cyberbullying dapat dilakukan melalui pesan teks, pesan suara, gambar, atau video, dan biasanya ditujukan kepada individu yang dianggap lebih lemah atau berbeda. Tujuan melakukan penelitian ini untuk mengetahui pandangan mahasiswa terhadap cyberbullying, peran mahasiswa dalam menghadapi cyberbullying dan sikap mahasiswa dalam menghadapi orang yang melakukan cyberbullying. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dan juga teknik pengumpulan data menggunakan wawancara.

Diterbitkan

2024-12-27

Terbitan

Bagian

Penelitian Ilmu Sosial