TINJAUAN SISTEMATIS TENTANG CHATGPT DALAM PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS: PELUANG DAN TANTANGAN
PELUANG DAN TANTANGAN
DOI:
https://doi.org/10.61664/jedlish.v5i1.224Kata Kunci:
Kecerdasan Buatan, ChatGPT, Pengajaran Bahasa InggrisAbstrak
Kemajuan dalam kecerdasan buatan (AI) telah membawa perubahan signifikan dalam pengajaran bahasa Inggris (ELT). ChatGPT, sebagai model AI berbasis bahasa, menawarkan berbagai manfaat bagi siswa, seperti meningkatkan keterampilan menulis, memberikan umpan balik instan, serta mendukung pembelajaran mandiri. Namun, penggunaannya juga menimbulkan tantangan, seperti risiko ketergantungan, potensi plagiarisme, serta kurangnya literasi digital dalam menilai kredibilitas informasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perspektif siswa dan dosen terkait penggunaan ChatGPT dalam ELT. Metode yang digunakan adalah Systematic Literature Review (SLR) dengan pendekatan PRISMA, menganalisis 17 artikel dari basis data Mendeley, ERIC, dan Taylor & Francis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ChatGPT mengubah peran dosen dari penyampai materi menjadi fasilitator yang membimbing mahasiswa dalam menggunakan AI secara kritis dan etis. Meskipun dapat membantu dalam persiapan materi pengajaran dan evaluasi, implementasi teknologi ini memerlukan kebijakan akademik yang jelas dan pelatihan literasi digital bagi pendidik. Temuan ini memberikan wawasan bagi pendidik dan institusi dalam mengoptimalkan penggunaan ChatGPT dalam ELT agar lebih efektif dan etis.

Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Silva Salsadila, Devita Aura Yasmin, Nafan Tarihoran

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.