PENTINGNYA INTERAKSI SOSIAL DALAM MENCIPTAKAN MANAJEMEN KELAS YANG EFEKTIF PADA SISWA KELAS X IPA 1 DI MAN 1 SERANG

Penulis

  • Euis Ismayati Yuniar Universitas Primagraha
  • Farida Ariyani Kangiden Universitas Primagraha
  • Trikawati Universitas Faletehan
  • Maesaroh Universitas Primagraha
  • Nurjaman Universitas Faletehan

DOI:

https://doi.org/10.61664/jedlish.v5i1.241

Kata Kunci:

Pentingnya Interaksi Sosial, Manajemen Kelas

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi strategi dan pola interaksi antara guru dan siswa di kelas X IPA 1 Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Serang. Dalam konteks manajemen kelas, interaksi bukan hanya sekedar penyampaian informasi, tetapi juga mencakup bagaiamana guru membangun hubungan, memberikan feedback, memfasisiltasi diskusi, menegakkan aturanĀ  dan merespon kebutuhan individual siswa. Interaksi guru dan siswa yang baik dalam proses belajar mengajar tentu dapat menciptakan suasana kelas yang kondusif. Oleh karena itu, Interaksi antara guru dan siswa merupakan aspek krusial dalam menciptakan lingkungan belajar yang efektif. Pada peneilitian ini, Menggunakan metode kualitatif deskriptif, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam manajemen kelas yang efektif, didukung oleh fasilitas fisik yang memadai dan penerapan 9 praktik manajemen kelas oleh guru, termasuk pengecekan kesiapan siswa, penegakan aturan, motivasi, dan pemberian umpan balik. Implikasi penelitian ini menyoroti pentingnya keseimbangan antara ketertiban dan pendekatan yang empatik dalam manajemen kelas, serta perlunya strategi interaksi yang lebih inklusif untuk mendukung motivasi dan perkembangan siswa secara holistic. Maka interaksi sosial dengan gaya komunikasi guru memiliki potensi untuk membantu para murid mencapai nilai tinggi dalam pelajaran yang diikuti, meliputi gaya yang ramah atau bersahabat, penuh perhatian, relaks, serta dramatis.

Diterbitkan

2025-06-27