PENTINGNYA INTERAKSI SOSIAL DALAM MENCIPTAKAN MANAJEMEN KELAS YANG EFEKTIF PADA SISWA KELAS X IPA 1 DI MAN 1 SERANG
DOI:
https://doi.org/10.61664/jedlish.v5i1.241Kata Kunci:
Pentingnya Interaksi Sosial, Manajemen KelasAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi strategi dan pola interaksi antara guru dan siswa di kelas X IPA 1 Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Serang. Dalam konteks manajemen kelas, interaksi bukan hanya sekedar penyampaian informasi, tetapi juga mencakup bagaiamana guru membangun hubungan, memberikan feedback, memfasisiltasi diskusi, menegakkan aturanĀ dan merespon kebutuhan individual siswa. Interaksi guru dan siswa yang baik dalam proses belajar mengajar tentu dapat menciptakan suasana kelas yang kondusif. Oleh karena itu, Interaksi antara guru dan siswa merupakan aspek krusial dalam menciptakan lingkungan belajar yang efektif. Pada peneilitian ini, Menggunakan metode kualitatif deskriptif, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam manajemen kelas yang efektif, didukung oleh fasilitas fisik yang memadai dan penerapan 9 praktik manajemen kelas oleh guru, termasuk pengecekan kesiapan siswa, penegakan aturan, motivasi, dan pemberian umpan balik. Implikasi penelitian ini menyoroti pentingnya keseimbangan antara ketertiban dan pendekatan yang empatik dalam manajemen kelas, serta perlunya strategi interaksi yang lebih inklusif untuk mendukung motivasi dan perkembangan siswa secara holistic. Maka interaksi sosial dengan gaya komunikasi guru memiliki potensi untuk membantu para murid mencapai nilai tinggi dalam pelajaran yang diikuti, meliputi gaya yang ramah atau bersahabat, penuh perhatian, relaks, serta dramatis.

Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Euis Ismayati Yuniar, Farida Ariyani Kangiden, Trikawati, Maesaroh, Nurjaman

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.