TRANSFORMASI DIGITAL PADA UMKM PEDESAAN: STUDI KASUS EMPING MAK KARIMAH DESA CISALAM KECAMATAN BAROS PROVINSI BANTEN
Keywords:
Emping, Diversifikasi Produk, Ekonomi Kreatif, UMKM, Pemasaran DigitalAbstract
Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk: (1) memberikan panduan dalam proses produksi produk Emping Mak Karimah, (2) meningkatkan omzet pemasaran melalui pemanfaatan media sosial dan inovasi kemasan, serta (3) meningkatkan pemahaman pemilik UMKM tentang pentingnya pembukuan dan laporan keuangan. Kegiatan ini melibatkan pemilik UMKM emping yang berlokasi di Kampung Pasir Eurih RT/RW 014/004, Kelurahan Cisalam, Kecamatan Baros, Kabupaten Serang, Banten. Metode pelaksanaan disesuaikan dengan kondisi new normal di masa pandemi Covid-19, melalui pendekatan penjelasan dan pengarahan secara door-to-door, diskusi interaktif, serta pendampingan langsung kepada pemilik UMKM terkait materi yang disampaikan. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan adanya peningkatan omzet penjualan, kemampuan pemilik UMKM dalam menyusun pembukuan sederhana, serta peningkatan keterampilan dalam memasarkan produk mereka.



